Klasifikasi Pompa Sentrifugal

Pompa Sentrifugal dapat diklasifikasikan menurut beberapa cara yaitu :

A. Menurut jenis aliran dalam Impeller
  1. Pompa aliran radial
    Pompa ini mempunyai konstruksi sedemikian sehingga aliran zat cair yang keluar dari impeler akan tegak lurus poros pompa (arah radial). Pompa aliran radial mempunyai head yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pompa jenis lain.
    Silahkan Download File Dalam Format DOCx dan PDF pada link Dibawah Artikel
    Pompa Sentrifugal Aliran Radial
  2. Pompa aliran aksial
    Arah aliran dalam sudu gerak pada pompa aliran aksial terletak pada bidang yang sejajar dengan sumbu poros dan head yang timbul akibat dari besarnya gaya angkat dari sudu – sudu geraknya. Pompa aliran aksial mempunyai head yang lebih rendah tetapi kapasitasnya lebih besar.
    Pompa Sentrifugal Aliran Aksial
  3. Pompa Aliran Campur
    Pada pompa ini fluida yang masuk sejajar dengan sumbu poros dan keluar sudu dengan arah miring ( merupakan perpaduan dari pompa aliran radial da pompa aliran aksial ). Pompa ini mempunyai head yang lebih rendah namun mempunyai kapasitas lebih besar.
    Pompa Sentrifugal Aliran Campur
     Baca Juga : POMPA SENTRIFUGAL
B. Menurut Jenis Impeler
  1. Impeler Tertutup
    Sudu‐sudu ditutup oleh dua buah dinding yang merupakan satu kesatuan, digunakan untuk pemompaan zat cair yang bersih atau sedikit mengandung kotoran.
  2. Impeler Setengah Terbuka
    Impeler jenis ini terbuka disebelah sisi masuk (depan) dan tertutup di sebelah belakangnya. Sesuai untuk memompa zat cair yang sedikit mengandung kotoran misalnya: air yang mengandung pasir, zat cair yang mengauskan, slurry, dll
  3. Impeler Terbuka
    Impeler jenis ini tidak ada dindingnya di depan maupun di belakang. Bagian belakang ada sedikit dinding yang disisakan untuk memperkuat sudu. Jenis ini banyak digunakan untuk pemompaan zat cair yang banyak mengandung kotoran.
C. Menurut Bentuk Rumah
  1. Pompa Volute
    Bentuk rumah pompanya seperti rumah keong/siput (volute), sehingga kecepatan aliran keluar bisa dikurangi dan dihasilkan kenaikan tekanan.
    Pompa Sentrifugal Rumah Volut
  2. Pompa Diffuser
    Pada keliling luar impeler dipasang sudu diffuser sebagai pengganti rumah keong.
    Pompa Sentrifugal Diffuser
  3. Pompa Aliran Campur Jenis Volut
    Pompa ini mempunyai impeler jenis aliran campur dan sebuah rumah volut.
  4. Pompa Jenis Turbin
    Pompa ini juga dikenal dengan pompa vorteks,peri – peri, dan regeneratif, cairan pada jenis ini dipusar oleh baling – baling impeller dengan kecepatan yang tinggi selama hampir dalam satu putaran didalam saluran yang berbentuk cincin ( annular ), tempat impeller tadi berputar. Energi ditambahkan kecairan kedalam bentuk impuls. Jadi pompa trubin menambah energi pada cairan dalam sejumlah impuls. 
D. Menurut Jumlah Tingkat
  1. Pompa Satu Tingkat
    Pompa ini hanya mempunyai satu impeler. Head total yang ditimbulkan hanya berasal dari satu impeler, jadi relatif rendah.
  2. Pompa Bertingkat Banyak
    Pompa ini menggunakan beberapa impeler yang dipasang secara berderet (seri) pada satu poros. Zat cair yang keluar dari impeler pertama dimasukkan ke impeler berikutnya dan seterusnya hingga impeler terakhir. Head total pompa ini merupakan jumlahan dari head yang ditimbulkan oleh masing‐masing impeler sehingga relatif tinggi.
    Pompa Sentrifugal Bertingkat Banyak
E. Menurut Letak Poros
Menurut letak porosnya, pompa dapat dibedakan menjadi poros horisontal dan poros vertikal seperti pada gambar berikut ini :
Pompa Sentrifugal Poros Vertikal & Horizontal