Mesin Fluida dan Pompa

Mesin Fluida adalah mesin yang berfungsi utuk merubah energi mekanik menjadi energy potensial dan sebaliknya, merubah energi mekanik dalam bentuk fluida, dimana fluida yang dimaksud adalah air, uap, dan gas. Atau dengan kata lain mesin fluida adalah mesin–mesin yang kerjanya berdasarkan transfer energy dari aliran fluida dengan elemen padat dari mesin tersebut. Elemen padat tersebut bisa berupa : Torak, Rotor, Impeller, dan Sudu. Mesin – mesin tersebut sering disebut juga “Flow Machines”.

Berdasarkan pengertian diatas maka secara umum mesin – mesin fluida dapat digolongkan dalam dua golongan yaitu :
  1. Golongan mesin – mesin kerja , yaitu berfungsi untuk merubah energi mekanis menjadi energy fluida, contohnya : pompa, blower, compressor, dan lain – lain. 
  2. Golongan mesin – mesin tenaga yang berfungsi untuk merubah energi fluida menjadi energi mekanis seperti : turbin air, turbin uap, kincir angin, dan lain – lain.
Silahkan Download File Dalam Format DOCx dan PDF pada link Dibawah Artikel
Pompa adalah mesin fluida yang digunakan untuk mengalirkaan fluida incompresible (tidak mampu mampat) dari suatu tempat ketempat yang lain, dari suatu tempat yang rendah ketempat yang lebih tinggi atau dari tekanan yang rendah ke tekanan yang lebih tinggi.

Bila ditinjau dari segi tekanan yang menimbulkan energi fluida maka pompa dapat diklasifikasikan dalam 2 jenis yaitu :
  1. Pompa Tekanan Statis 
  2. Pompa Tekanan Dinamis 
Baca Juga : POMPA SENTRIFUGAL
Untuk lebih jelasnya mengenai klasifikasi pompa dapat dilihat pada bagan berikut ini.
Klasifikasi Pompa

Download Word      Download Pdf